Pongo Ranger Selenggarakan Open Recruitment 2021 dengan Sistem yang Berbeda

Open Recruitment Anggota Sobat Pongo 2021 merupakan salah satu agenda kegiatan Pongo Ranger Community (PRC) yang dilaksanakan di bulan September hingga Oktober 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan semangat dan kontribusi PRC dalam pelestarian lingkungan. Pelaksanaan Open Recruitment Anggota PRC kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana open recruitment anggota kali ini terbuka untuk pemuda-pemudi di berbagai daerah seluruh Indonesia dan sepenuhnya dilakukan secara online atau daring.

Hana Adelia Runtu, selaku Project Leader Open Recruitment Anggota PRC 2021 sekaligus Field Director PRC 2021-2022, saat ditanya apa alasan utama open recruitment kali ini terbuka untuk pemuda-pemudi seluruh Indonesia menjawab, “Mempertimbangkan kondisi yang memungkinkan untuk kerja secara remote, kami membuka kesempatan untuk pemuda seluruh Indonesia yang memiliki visi yang sama untuk bergabung di Pongo Ranger Community edisi spesial ini. Kami juga berpikir dengan adanya budaya berkegiatan online bisa dimanfaatkan menjadi media belajar jarak jauh bersama kami dalam melaksanakan program-program kerja. Kesempatan untuk melebarkan sayap ke nasional juga kami temukan ketika memiliki kepengurusan dengan sistem remote ini”.

Tahapan seleksi dilakukan mulai dari pendaftaran yang dibuka pada tanggal 2 September 2021 hingga penutupan seluruh rangakaian acara pada 2 Oktober 2021, serta pengumuman pada tanggal 22 Oktober 2021. Terdapat sekitar 20 peserta yang mendaftar dan mengikuti online camp sebanyak 4 kali pertemuan yang dilaksanakan seminggu sekali di hari weekend. Terdapat 4 materi yang disampaikan, yakni mengenai People Management, Project Management, serta Graduation dan Talkshow.

Mariamah Achmad, sebagai pemateri People Management sekaligus Manajer Pendidikan Lingkungan dan Kesadaran Konservasi dari Yayasan Palung, menjelaskan bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu dari 3 modal dalam organisasi, yakni modal sosial, modal pendanaan, dan modal sumber daya alam. Sumber daya manusia menjadi modal sosial yang menjadi dasar penggerak suatu organisasi dan merupakan aset organisasi yang harus dilatih dan diasah kemampuannya.

Sedangkan, Dwi Riyan selaku founder Parahita Borneo dan Pongo Ranger Community, menyampaikan materi mengenai Project Management. Ia menjelaskan bahwa dalam project management seseorang dituntut untuk selalu aktif dalam setiap pekerjaan dan tugas masing-masing. Selain itu, dalam menyelesaikan sebuah proyek harus memiliki perencanaan yang matang sehingga dapat mengurangi kerugian yang ditanggung oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

Para peserta juga diberi kesempatan untuk saling berdiskusi melalui breakout room zoom meeting untuk memberikan solusi dari sebuah studi kasus yang diberikan oleh panitia yang masih berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Dari setiap kelompok breakout room terdapat satu orang yang mewakili untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diberi tanggapan oleh narasumber. Adapun di setiap sesi materi, peserta diberi tantangan untuk membuat ringkasan materi yang telah disampaikan dan di posting di feed instagram mereka.

Kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil menjadi tantangan saat pelaksanaan kegiatan camp virtual berlangsung, namun hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk meneruskan kegiatan karena panitia juga telah menyediakan hasil rekaman yang nantinya dapat dilihat kembali, sehingga peserta tidak ketinggalan informasi. Adapun persiapan untuk kegiatan ini dilakukan oleh panitia selama satu bulan sebelum hari pelaksanaan online camp berlangsung. Beberapa persiapan yang dilakukan diantaranya seperti peyusunan timeline kegiatan, pembuatan TOR (term of reference) proposal, dan surat undangan untuk narasumber.

“Bagi anggota baru PRC edisi spesial ini saya harap bisa berdinamika, tumbuh, dan belajar bersama disini. Jaga semangat dan kehangatan lewat komunikasi virtual agar bisa sama-sama mewujudkan visi Pongo Ranger Community dan bisa berkontribusi dalam konservasi orangutan dan pelestarian lingkungan hidup lewat pendekatan edukasi yang inovatif”, tutur Hana Adelia Runtu melalui chat WhatsApp saat ditanya apa pesannya untuk anggota baru Pongo Ranger Community. “Terus belajar, berkarya, dan bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar!”, tambah Dwi Riyan memberikan semangat untuk anggota baru Pongo Ranger Community.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

This Post Has 79 Comments

Tinggalkan Balasan