Peringati Pekan Peduli Orangutan 2021, Pongo Ranger Community Mengangkat Tema Besar : Respecting Nature to Save Orangutans, Biodiversity & Our Collective Future

Dalam rangka memperingati Pekan Peduli Orangutan 2021, Pongo Ranger Community (PRC) menyelenggarakan kegiatan instagram live series dan campaign challenge dengan tema besar “Respecting Nature to Save Orangutans, Biodiversity & Our Collective Future”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada kaum muda dan masyarakat supaya lebih sadar mengenai keberadaan orangutan yang semakin hari semakin terancam karena habitatnya yang semakin berkurang, serta pentingnya melindungi dan melestarikan orangutan.

Pekan Peduli Orangutan (PPO) merupakan sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk melindungi dan melestarikan orangutan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa habitat orangutan saat ini sedang terancam. Pekan Peduli Orangutan (PPO) biasanya diperingati setiap tahun dengan berbagai kegiatan. Kegiatan PPO yang diadakan oleh PRC ini dilaksanakan pada 22 – 27 November 2021 secara online melalu platform instagram @pongoranger_official yang terdiri dari instagram live series dan campaign challenge.

Adapun kegiatan campaign challenge dilaksanakan selama 3 hari dimana peserta diminta untuk memposting materi challenge melalui feed instagram mereka dan membuat ringkasan materi, baik berupa foto atau video melalui instagram story akun pribadi mereka. Pada hari pertama, peserta diminta diminta untuk memposting mengenai “Ancaman Terhadap Orangutan”, di hari kedua tentang “Dampak Deforestasi Terhadap Habitat Orangutan”, dan di hari ketiga tentang “Manfaat Mempertahankan Populasi dan Habitat Orangutan”.

Campaign challenge

Sedangkan, untuk kegiatan instagram live dilaksanakan disela-sela pelaksanaan campaign challenge sebanyak 3 series. Pada series pertama membahas mengenai topik “Pekan Peduli Orangutan (PPO) dan Peran Pongo Ranger Community (PRC)” dengan narasumber Kak Shafa yang merupakan salah satu anggota PRC, series kedua tentang “Peran Milenial dalam Konservasi Habitat Orangutan” oleh Kak Riyan yang merupakan founder PRC, dan series ketiga tentang “Menjadi Sahabat Orangutan dengan Menjaga Ekosistem Hutan” oleh Kak Nurdiati yang merupakan Co-Founder PRC.

Instagram live series pertama dengan topik “Pekan PeduliOrangutan (PPO) dan Peran Pongo Ranger Community” dengan narasumber Kak Shafa dari Pongo Ranger Community

Menurut Taufiq, selaku koordinator program, dalam pelaksanaan kegiatan ini yang menjadi kendala utama adalah waktu perencanaan program yang terlalu mepet dimana hal tersebut mempengaruhi publikasi poster acara yang kurang meluas sehingga peserta yang terjangkau pun sedikit, yakni tidak lebih dari 20 peserta. Adapun selama pelaksanaan penyusunan dan persipaan acara, komunikasi antar panitia dilakukan secara online melalui meeting zoom, mengingat anggota PRC juga terdiri dari pemuda di berbagai wilayah Indonesia yang terpisah dengan jarak. Hal tersebut juga melatih adaptasi bagi pengurus PRC dimana sebelumnya PRC bergerak secara langsung di lapangan (offline) dan sekarang menjadi online.

Melalui kegiatan ini Taufiq berpesan sebagaimana pesan Kak Riyan yang ia ingat ketika mengikuti instagram live series, yaitu “jangan malu dan takut untuk memulai, walaupun hanya sekecil apapun”. Ia mengatakan bahwa hal tersebut bisa diartikan sebagai sebuah ajakan untuk berani memulai apa yang menjadi sebuah keharusan bagi kita. Bukan hanya antar manusia, namun juga manusia dengan alam tempat kita hidup juga harus menjadi kesatuan yang perlu diseimbangkan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

This Post Has 163 Comments

Tinggalkan Balasan